Biro Kesra Sukses Gelar Rapat Pegawai Syara se-Provinsi Jambi

Menjelang akhir Tahun 2022, Biro Kesra Setda Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi Pegawai Syara yang berlangsung dari tanggal 20 s.d 22 Desember 2022 di Hotel Willtop, Kota Jambi. Tujuan dari Rakor ini adalah meningkatkan pengetahuan dan syiar islam bagi pegawai syara yang pada akhirnya diharapkan melalui pegawai syara dapat meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat masing masing kab/kota. Peserta Rakor terdiri perwakilan para pegawai syara dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dengan total peserta sebanyak 110 orang, Adapun kuota peserta adalah 10 orang per kabupaten/kota.

Materi yang disampaikan berjudul Standarisasi Pegawai Syara dalam Perspektif Fiqhun Nash dan Fiqul waqi’, Kebijakan Kementerian Agama dalam Moderasi Kehidupan Beragama di Provinsi Jambi, Standarisasi Masjid dan Sound System pada Pelaksanaan Ibadah dan Keagamaan, Peran Baznaz dalam Peningkatan Kesadaran Masyarakat sekitar Masjid dalam Beribadah dan Berzakat, serta terakhir adalah Penguatan Ekonomi Syari’ah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal.

Narasumber yang menyampaikan materi berasal dari instansi yang berwenang dan kompeten di bidangnya yakni dari M.U.I. Provinsi Jambi, Kanwil Kemang Provinsi Jambi, D.M.I. Provinsi Jambi, Baznaz Provinsi Jambi, dan Konsultan Ekonomi Syari’ah.

Wakil Gubernur Jambi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya menekankan pentingnya perhatian secara serius peran dan fungsi dari pegawai syara dalam meningkatkan dan menyebarkan syiar Islam.  Acara rakor ini adalah yang pertama kali diadakan dan akan menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Jambi sebagai bagian dari upaya menyukseskan Visi Jambi Mantap khususnya terkait bidang pembinaan mental spiritual/keagamaan.

.